SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
(SAP)
1. Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Nama Mata Kuliah : Kompetensi
Guru PAI
3. Kode Mata Kuliah : PAI 5403
4. Semester : 4 (Empat)
5. Jumlah SKS : 4 (4-0)
6. Dosen Pengampu : 1. Dr. Amir Rusydi, MPd
2. Sonin, M.Pd.I
7. Mata Kuliah Pendukung : 1. Perencanaan Sistem Pengajaran PAI
2.
Pengelolaan Pengajaran PAI
3. Psikologi Belajar PAI
4. Pengembangan Sistem
Evaluasi PAI
5. Media Pengajaran PAI
8. Pendukung Mata Kuliah : 1. PUM
2.
Tugas Akhir
9. Pertemuan : 1 (satu)
10. Waktu :
180 menit
11.
Unit
Kompetensi :
Mahasiswa dapat mendeskripsikan dan terampil menganalisis
suatu kurikulum atau program pendidikan dan pengajaran agama islam
12.
Elemen
Kompetensi : Mahasiswa memahami dan dapat menjelaskan berbagai dasar
teori dalam pengembangan mahasiswa memahami kurikulum
13.
Kriteria
Kinerja :
14. Proses Pembelajaran :
Pertemuan ke –
1
No.
|
Tahapan Kegiatan
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Kegiatan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
30
|
Membuka Proses
Perkuliahan
|
Memperhatikan
|
2
|
Penyajian Utama
|
120
|
Menjelaskan Silabus
Mata Kuliah dan menjelaskan pengertian
dan jenis-jenis kompetesi guru PAI
|
Menyimak, Memperhatikan,
Mencatat, Bertanya
|
3
|
Penutup
|
30
|
Menyimpulkan dan memberikan gambaran
untuk materi berikutnya
|
Mengetahui kesimpulan materi yang telah diberikan dan mendapatkan gabaran untuk
ateri berikutnya
|
Pertemuan ke -
2
No.
|
Tahapan Kegiatan
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Kegiatan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
30
|
Membuka Proses
Perkuliahan
|
Memperhatikan dan mengikuti intruksi dosen
|
2
|
Penyajian Utama
|
120
|
Guru memfasilitasi dan menjelaskan
aturan dan ketentuan diskusi kelompok tentang pengertian dan jenis-jenis
Kompetensi guru PAI
|
Kelompok I; mempresentasikan makalahnya dengan dipimpin oleh moderator
dan mahasiswa lain diberikan kesempatan bertanya dan menanggapi pertanyaan
|
3
|
Penutup
|
30
|
Menanggapi pertanyaan yang belum terjawab, membenari jawaban yang belum
memuaskan para peserta diskusi
|
Mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dan mencatat point-point
penting dari hasil diskusi
|
15. Uraian Materi : Terlampir
16. Metode Pembelajaran : Ceramah, dan Tanya
Jawab
17. Media dan Alat Bantu yang digunakan :
Leptop, LCD, White Board, Buku, Spidol, dll.
18. Referensi
1. Akmal Hawi, Kompetensi
Guru PAI, Palembang, Rafah Press, 2009
2. An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema
Insani Press, 1995
3. Daradjat, Zakiah, Kepribadian
Guru, Jakarta: Bulan Bintang, 1980
4. Hamalik, Oemar, Pendidikan
Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, 2003
5. Ijaya, Cece, Kemampuan
Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung,: Remaja Rosdakarya, 1991
6.
Syah, Darwyn, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Cet ke
II, Jakarta; Gaung Persada Press, 2007.
7.
S. Syahodih, Nana, R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran, Cet ke II, Jakarta;
PT. Rineka Cipta, 2003.
8.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1992
9. Usman, Moh. Uzer, Menjadi
Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
(SAP)
1. Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Nama Mata Kuliah : KOMPETENSI
GURU PAI
3. Kode Mata Kuliah : PAI 4414
4. Semester : 4 (Empat)
5. Jumlah SKS : 4 (4-0)
6. Dosen Pengampu : 1. Dr. Amir Rusydi, MPd
2. Sonin, M.Pd.I
7. Mata Kuliah Pendukung : 1. Perencanaan Sistem Pengajaran PAI
2.
Pengelolaan Pengajaran PAI
3. Psikologi Belajar PAI
4. Pengembangan Sistem
Evaluasi PAI
5. Media Pengajaran PAI
6. Akhlak Tasawuf
7. Sosiologi Pendidikan
8. Pendukung Mata Kuliah : 1. PUM
2.
Tugas Akhir
9. Pertemuan : 1 (satu)
10. Waktu :
180 menit
11.
Unit
Kompetensi :
Mampu mengetahui pengertian guru dan syarat menjadi guru
12.
Elemen
Kompetensi : Memahami
hakekat guru dan syarat menjadi guru
13.
Kriteria
Kinerja : Dapat mengetahui pengertian guru dan memenuhi kriteria untuk menjadi guru
14. Proses Pembelajaran :
Perkuliahan ke - 3
No.
|
Tahapan Kegiatan
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Kegiatan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
30
|
Membuka Proses
Perkuliahan
|
Memperhatikan
|
2
|
Penyajian Utama
|
120
|
Menjelaskan pengertian Guru dan syarat menjadi guru
|
Menyimak,
Memperhatikan, Mencatat, Bertanya
|
3
|
Penutup
|
30
|
Menyimpulkan dan memberikan gambaran
untuk materi berikutnya
|
Mengetahui kesimpulan materi yang telah diberikan dan mendapatkan gabaran untuk materi
berikutnya
|
15. Uraian Materi : Terlampir
16. Metode Pembelajaran : Ceramah, dan Tanya
Jawab
17. Media dan Alat Bantu yang digunakan :
Leptop, LCD, White Board, Buku, Spidol, dll.
18. Referensi
1. Akmal Hawi, Kompetensi
Guru PAI, Palembang, Rafah Press, 2009
2. An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema
Insani Press, 1995
3. Daradjat, Zakiah, Kepribadian
Guru, Jakarta: Bulan Bintang, 1980
4. Hamalik, Oemar, Pendidikan
Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, 2003
5. Ijaya, Cece, Kemampuan
Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung,: Remaja Rosdakarya, 1991
6.
Syah, Darwyn, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Cet ke
II, Jakarta; Gaung Persada Press, 2007.
7.
S. Syahodih, Nana, R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran, Cet ke II, Jakarta;
PT. Rineka Cipta, 2003.
8.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1992
9. Usman, Moh. Uzer, Menjadi
Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
Tidak ada komentar :
Posting Komentar