ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKAATUH ...

Daftar Isi My Blog

12.8.16

Contoh Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
1.      Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam (PAI)
2.      Nama Mata Kuliah                  : Kompetensi Guru PAI
3.      Kode Mata Kuliah                  : PAI 5403
4.      Semester                                  : 4 (Empat)
5.      Jumlah SKS                            : 4 (4-0)
6.      Dosen Pengampu                    : 1. Dr. Amir Rusydi, MPd
                                                  2. Sonin, M.Pd.I
7.      Mata Kuliah Pendukung         : 1. Perencanaan Sistem Pengajaran PAI
                                                 2. Pengelolaan Pengajaran PAI
3. Psikologi Belajar PAI
4. Pengembangan Sistem Evaluasi PAI
5. Media Pengajaran PAI

8.      Pendukung Mata Kuliah         : 1. PUM
                                                2. Tugas Akhir
9.      Pertemuan                               : 1 (satu) 
10.  Waktu                                     : 180 menit 
11.  Unit Kompetensi                     : Mahasiswa dapat mendeskripsikan dan terampil menganalisis suatu kurikulum atau program pendidikan dan pengajaran agama islam 
12.  Elemen Kompetensi               : Mahasiswa memahami dan dapat menjelaskan berbagai dasar teori dalam pengembangan mahasiswa memahami kurikulum  
13.  Kriteria Kinerja                      : 
14.  Proses Pembelajaran    :
Pertemuan ke – 1
No.
Tahapan Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan
Dosen
Mahasiswa
1
Pendahuluan
30
Membuka Proses Perkuliahan
Memperhatikan
2
Penyajian Utama
120
Menjelaskan Silabus Mata Kuliah dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis kompetesi guru PAI
Menyimak, Memperhatikan, Mencatat, Bertanya
3
Penutup
30
Menyimpulkan dan memberikan gambaran untuk materi berikutnya
Mengetahui kesimpulan materi yang telah diberikan dan mendapatkan gabaran untuk ateri berikutnya

Pertemuan ke - 2
No.
Tahapan Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan
Dosen
Mahasiswa
1
Pendahuluan
30
Membuka Proses Perkuliahan
Memperhatikan dan mengikuti intruksi dosen
2
Penyajian Utama
120
Guru memfasilitasi dan  menjelaskan aturan dan ketentuan diskusi kelompok tentang pengertian dan jenis-jenis Kompetensi guru PAI
Kelompok I; mempresentasikan makalahnya dengan dipimpin oleh moderator dan mahasiswa lain diberikan kesempatan bertanya dan menanggapi pertanyaan
3
Penutup
30
Menanggapi pertanyaan yang belum terjawab, membenari jawaban yang belum memuaskan para peserta diskusi
Mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dan mencatat point-point penting dari hasil diskusi

15.  Uraian Materi              : Terlampir
16.  Metode Pembelajaran : Ceramah, dan Tanya Jawab
17.  Media dan Alat Bantu yang digunakan : Leptop, LCD, White Board, Buku, Spidol, dll.
18.  Referensi
1.      Akmal Hawi, Kompetensi Guru PAI, Palembang, Rafah Press, 2009
2.      An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995
3.      Daradjat, Zakiah, Kepribadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang, 1980
4.      Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, 2003
5.      Ijaya, Cece, Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung,: Remaja Rosdakarya, 1991
6.      Syah, Darwyn, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Cet ke II, Jakarta; Gaung Persada Press, 2007.
7.      S. Syahodih, Nana, R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran, Cet ke II, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2003.
8.      Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992
9.      Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002





SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
1.      Program Studi                         : Pendidikan Agama Islam (PAI)
2.      Nama Mata Kuliah                  : KOMPETENSI GURU PAI
3.      Kode Mata Kuliah                  : PAI 4414
4.      Semester                                  : 4 (Empat)
5.      Jumlah SKS                            : 4 (4-0)
6.      Dosen Pengampu                    : 1. Dr. Amir Rusydi, MPd
                                                  2. Sonin, M.Pd.I
7.      Mata Kuliah Pendukung         : 1. Perencanaan Sistem Pengajaran PAI
                                                  2. Pengelolaan Pengajaran PAI
3. Psikologi Belajar PAI
4. Pengembangan Sistem Evaluasi PAI
5. Media Pengajaran PAI
6. Akhlak Tasawuf
7. Sosiologi Pendidikan
8.      Pendukung Mata Kuliah         : 1. PUM
                                               2. Tugas Akhir
9.      Pertemuan                               : 1 (satu)
10.  Waktu                                     : 180 menit
11.  Unit Kompetensi                     : Mampu mengetahui pengertian guru dan syarat menjadi guru 
12.  Elemen Kompetensi               : Memahami hakekat guru dan syarat menjadi guru 
13.  Kriteria Kinerja                      : Dapat mengetahui pengertian guru dan memenuhi kriteria untuk menjadi guru 
14.  Proses Pembelajaran    :
Perkuliahan ke - 3
No.
Tahapan Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan
Dosen
Mahasiswa
1
Pendahuluan
30
Membuka Proses Perkuliahan
Memperhatikan
2
Penyajian Utama
120
Menjelaskan pengertian Guru dan syarat menjadi guru
Menyimak, Memperhatikan, Mencatat, Bertanya
3
Penutup
30
Menyimpulkan dan memberikan gambaran untuk materi berikutnya
Mengetahui kesimpulan materi yang telah diberikan dan mendapatkan gabaran untuk materi berikutnya

15.  Uraian Materi              : Terlampir
16.  Metode Pembelajaran : Ceramah, dan Tanya Jawab
17.  Media dan Alat Bantu yang digunakan : Leptop, LCD, White Board, Buku, Spidol, dll.
18.  Referensi
1.      Akmal Hawi, Kompetensi Guru PAI, Palembang, Rafah Press, 2009
2.      An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995
3.      Daradjat, Zakiah, Kepribadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang, 1980
4.      Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, 2003
5.      Ijaya, Cece, Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung,: Remaja Rosdakarya, 1991
6.      Syah, Darwyn, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Cet ke II, Jakarta; Gaung Persada Press, 2007.
7.      S. Syahodih, Nana, R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran, Cet ke II, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2003.
8.      Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992
9.      Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Tidak ada komentar :

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net