ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKAATUH ...

Daftar Isi My Blog

2.1.14

KHUTBAH JUMAT: KEKUATAN DOA



KEKUATAN DOA
Oleh: Sonin


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.
 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ؛
 فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

Ma’asyiral Muslimin Sidang Jum’at Rahimakumullah.
Alhamdulillah, kita bersyukur ke khadirat Allah SWT. yang mana atas rahmat dan izin-Nya jualah, sehingga dapatlah pada hari ini, kembali kita bersama-sama berhimpun di majelis Jum’at yang mulia ini, guna melaksanakan serangkaian ibadah Jum’at di masjid yang suci dan mulia ini.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah.
Seorang Arab dusun datang menghadap Rasulullah SAW. Ia bertanya tentang Tuhan. Pertanyaannya, “Muhammad, Tuhan itu jauh atau dekat? Apabila Tuhan itu jauh, maka akan saya panggil Dia dengan suara keras! Tetapi, apabila Tuhan itu dekat, maka akan saya panggil Dia dengan suara pelan saja”.
Mendengar pertanyaan ini, kaum Muslimin sekalian, Rasulullah SAW. Tidak langsung memberikan jawaban. Kenapa? Karena apabila dijawab oleh Rasulullah bahwa Tuhan itu dekat, maka tentu seorang Arab dusun ini akan balik bertanya dan memberikan sanggahan, “Kok, tidak kelihatan” katanya. Atau apabila dijawab oleh Rasulullah bahwa Tuhan itu jauh, barangkali lantaran jauh ini, ada suatu kecenderungan dari seorang Arab dusun ini untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan hukum agama, karena memang taraf berpikir atau tingkat intelektualitas seorang Arab dusun ini dibilang sangat rendah, sehingga tidak mampu menangkap atau memahami apa yang dimaksudkan oleh Rasulullah SAW. jika sekiranya beliau memberikan jawaban.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah.
Terhadap peristiwa ini, dialog antara seorang Arab dusun dengan Rasulullah SAW. ternyata Allah tidak tinggal diam. Allah SWT. tidak tega membiarkan Rasul- Nya dalam keadaan ragu, dalam keadaan bimbang. Sehingga Dia sendirilah yang memberikan jawaban atas pertanyaan seorang Arab dusun ini, yang jawaban tersebut sampai hari ini masih tersimpan rapi di dalam Al-Qur’anul kariem pada Surah Al- Baqarah ayat 186, yang berbunyi:
#sŒÎ)ur y7s9r'y ÏŠ$t6Ïã ÓÍh_tã ÎoTÎ*sù ë=ƒÌs% ( Ü=Å_é& nouqôãyŠ Æí#¤$!$# #sŒÎ) Èb$tãyŠ ( (#qç6ÉftGó¡uŠù=sù Í< (#qãZÏB÷sãø9ur Î1 öNßg¯=yès9 šcrßä©ötƒ ÇÊÑÏÈ
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran".

Bahkan di dalam sebuah hadits riwayat imam Bukhari disebutkan :
“Jika seorang hamba-Ku mendekat kepada-Ku sejengkal, maka Aku akan  mendekat kepadanya sehasta, dan jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku akan mendekat kepadanya sedepa, dan jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari”.

Hadirin, Kaum Muslimin Rahimakumullah.
Dari jawaban ini, jawaban atas pertanyaan seorang Arab dusun terhadap Rasulullah SAW. yang kemudian dijawab oleh Allah melalui firman-Nya, dan diperkuat oleh hadits Rasulullah SAW. nampak-nya terdapat suatu anjuran yang nadanya menantang kita, agar kita selalu memohon dan memohon kepada Allah SWT. dalam bentuk doa.

Allah memang Maha Tahu apa yang digetarkan oleh batin kita. Allah yang digetarkan oleh batin kita. Allah Maha Tahu apa yang kita inginkan, apa yang kita hajatkan, namun Allah minta agar semua yang digetarkan oleh batin kita, semua yang kita inginkan, yang kita hajatkan tersebut kita ungkapkan dalam bentuk doa.
Janganlah ada terlintas dalam pikiran kita perasaan malu untuk berdoa kepada Allah SWT. Tidak perlu malu. Karena Allah justeru sangat suka kepada hamba-Nya yang suka dan banyak berdoa, dan Allah malah tidak suka kepada hamba-Nya yang malas berdoa.

ادعوني استجب لكم
“Mintalah kepada-Ku, mintalah kepada-Ku, kata Allah, niscaya akan Aku penuhi permintaanmu”.

Maha Tahu apa yang kita inginkan, apa yang kita hajatkan, namun Allah minta agar semua yang digetarkan oleh batin kita, semua yang kita inginkan, yang kita hajatkan tersebut kita ungkapkan dalam bentuk doa.

Berdoa merupakan bagian terpenting dalam ajaran Islam, sehingga dalam bentuk-bentuk kegiatan ritual keagamaan kedudukan dan fungsi doa menempati urutan yang teratas, bahkan dinyatakan:

الدعاءهوالعبادة  :   “Doa itulah ibadah”.

الدعاء مخ‎‎ العبادة  : " “Doa itu otaknya ibadah”.
Mengingat betapa pentingnya doa tersebut, maka setiap bentuk-bentuk ibadah dalam Islam selalu terdapat di dalamnya unsur doa. Seperti shalat umpamanya, banyak sekali di dalamnya unsur doa. Demikian juga dengan bentuk-bentuk ibadah lainnya, seperti puasa, zakat, haji dan bahkan setiap aktivitas kehidupan kita sehari-hari, dari bangun tidur hingga tidur lagi, kita senantiasa dituntun dengan doa demi doa.

Muslimin Rahimakumullah.
Rasulullah SAW. walaupun beliau berpredikat sebagai rasul pilihan yang senantiasa mendapat ma’unnah, pertolongan Allah dan dilengkapi dengan berbagai mu’jizat atau keistimewaan yang luar biasa disamping adanya jaminan dari Allah SWT. bahwa beliau terhindar dari dosa dan kesalahan, namun ternyata kehidupan beliau senantiasa dihiasi oleh doa demi doa, permohonan demi permohonan kepada Allah SWT. Apatah lagi seperti kita yang banyak memiliki kedhaifan. Kita sering berbuat dosa dan kesalahan. Maka sudah sepantasnyalah apabila kita senantiasa memperbanyak doa dan permohonan kita kepada Allah SWT. Apalagi di dalam kehidupan yang serba modern dan konfleks ini, maka kehadiran doa berikut fungsinya, benar-benar membantu dalam kehidupan kita.

Dengan banyak berdoa, dalam artian menyadari sepenuhnya akan kelemahan diri dan ketidakberdayaan di hadapan Allah SWT. sembari mengharapkan pertolongan-Nya, insyaAllah pikiran kita akan menjadi tenang, jiwa kita akan menjadi tenteram, yang pada gilirannya nanti insyaAllah segala problema hidup dan kehidupan yang kita alami dapat kita atasi dengan baik, karena kita yakin akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Karena kita yakin akan keMaharahmanan dan ke-Maharahiman Allah SWT. Dan kita yakin pula bahwa bagaimanapun rumitnya suatu masalah, pasti terdapat jalan keluarnya.
Tak ada persoalan hidup dan kehidupan yang tak dapat diatasi. Bukankah pepatah telah mengatakan, Banyak jalan menujuRoma. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah.
Ingatlah bahwa berdoa adalah dalam rangka menjalankan perintah Allah, karena Dialah yang memerintahkan kita untuk berdoa. Orang yang angkuh dan sombong sajalah yang tak mau berdoa.
`Segala usaha dan aktivitas yang dilakukan tanpa berdoa, maka usaha dan aktivitasnya akan menjadi rapuh. Sebaliknya, berdoa saja tanpa berusaha, ibarat roh tanpa jasad.
Oleh karena itu, berusahalah dan berdoalah, Ora et Labora. Ketahuilah, doa sesungguhnya mempunyai kekuatan dan keajaiban tersendiri yang bersifat abstrak, dan pada saat-saat tertentu, doa dapat berperan lebih jauh dan lebih besar dari amalan-amalan yang nyata.

Akhirnya, marilah kita tingkatkan munajat kita kepada Allah SWT. Dan seiring dengan itu kita tingkatkan pula kegiatan-kegiatan ibadah kepada Allah, kegiatan-kegiatan amal shaleh, sehingga apa yang kita harapkan, apa yang kita inginkan dan apa yang menjadi doa dan permohonan kita, kiranya dapat diijabah oleh Allah SWT. Amin ya Rabbal ‘alamin.

أَقُولُ قَوْ لِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ

Tidak ada komentar :

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net